Sehat Rohani dan Jasmani
Baca Kitab Suci
Doa tiap hari
Doa tiap hari
Doa tiap hari
Baca Kitab Suci
Doa tiap hari
Kalau mau tumbuuuh

Sobat SSA, ayooo ngakuuu! Kalian pasti turut bersenandung yekaaan ketika membaca lirik lagu di atas? Kalian yang waktu kecil rajin ikut sekolah Minggu di Gereja pasti akrab dengan lagu tersebut. Yuuups! Lagu dengan judul “Baca Kitab Suci” memang sudah terpatri di diri kita sebagai anak-anak Katolik dan Kristiani. Lagu tersebut seketika hits juga saat moment BKSN.

Mimin terhappyyy bersekolah di SSA. Pandemi tak menghalangi kegiatan-kegiatan seru di SSA. Moment seru di bulan September adalah acara BKSN. BKSN merupakan kepanjangan dari Bulan Kitab Suci Nasional. Tema BKSN Tahun 2021 adalah “Yesus Sahabat Seperjalanan Kita”. Tema tersebut mengandung banyak makna tersirat ya, sobat SSA. Yesus ingin mengiringi langkah kita sepanjang hidup kita. Kita juga dapat menggandeng tangan Yesus dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari. Semuanya dapat terwujud jika kita memiliki passion untuk membaca Kitab Suci. Bersyukurlah kita sobat SSA karena everyday every morning kita selalu mendapatkan siraman rohani dengan mendengarkan firman Tuhan melalui Bacaan Injil dalam kegiatan Pembiasaan.

Moment BKSN 2021 juga semakin meriah dengan adanya acara lomba BKSN. Lomba BKSN di tahun ini terdiri dari 3 kategori lomba. Pertama, lomba membaca Kitab Suci. Kedua, lomba menghafal ayat Kitab Suci. Terakhir, lomba kuis melalui Kahoot. Terbayang ya bagaimana keseruannya ketika online zaman now.

Lomba membaca Kitab Suci dan lomba menghafal ayat Kitab Suci diadakan pada hari Jumat, 24 September 2021. Peserta lomba membaca Kitab Suci pastinya dagdigdugdweeer pluuus H2C. Ketiga juri, mam Christin, ibu Intan, dan pak Abim membuat sebuah rule mengejutkan. Secara para peserta harus membacakan Injil di depan para netizen, yaitu bapak ibu guru dan teman-teman sekolahnya. T-tapi mereka sukses membacakannya tanpa babibu dan ekspresi nervous loh. Murid mana sih merekaaa? Katakan “SSA dooong!”.

Lomba menghafal ayat Kitab Suci tak kalah menegangkan nih, pemirsa. Para peserta hanya diberi waktu 3 sampai 5 menit untuk menghafalkan ayat Kitab Suci yang mereka pilih sendiri. Ketika waktu menghafal berakhir, mereka harus siap melafalkan ayat Kitab Suci dengan lantang. 11 peserta dari perwakilan kelas masing-masing sukses melewati ujian hidup ini dengan lancar jayaaa.

Nah! Setelah kedua lomba tersebut selesai dilaksanakan dengan penuh ketegangan tapi seru abiiis, para juri pun bertugas untuk menilai hasil lomba peserta. Pengumuman pemenang lomba dipublikasikan pada hari Jumat, 1 Oktober 2021. Lomba kuis Kahoot menjadi penutupan Lomba BKSN 2021. Terseruuu pastinya! Tiap level menuju ruang breakout room sesuai kelasnya untuk beradu dalam kuis Kahoot. Pemandu kuis Kahoot di kelas 9 adalah pak Abim, kelas 8 didampingi ibu Prima, dan kelas 7 dikomandoi oleh miss Aurel. Pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan tentang BKSN 2021 ditambah ilmu tentang per-Injil-an membuat sobat SSA tergemuuush menjawabnya.

Setelah lomba kuis Kahoot selesai, para PIC lomba pun mengumumkan para pemenangnya. Yuhuuu! Uang tunai no tipu-tipu anti pinjol segeralah meluncur ke rekening, OVO, gopay, atau shopeepay para pemenang. Congraaats guuuys! Seseruuu itu ya lomba BKSN tahun ini. Bukan hanya karena hadiahnya mas bro mbak sist, tetapi lebih ke arah tertanamnya keimanan kita terhadap Tuhan Yesus dan kisahNya yang tertuang apik dalam Kitab Suci. Sebagai pelajar di sekolah Katolik wajib hukumnya mengetahui moment keagamaan, berpartisipasi aktif di dalamnya, dan bersuka cita atas pesan serta kesan acara tersebut.

E-t-tapi acara tak berhenti pada penyebaran reward dari lomba BKSN 2021, pemirsa. SSA lagi-lagi mengadakan acara yang membuat siswa/ siswinya tak jemu walau hanya stay at home all day long akibat pandemi ini. Di bulan Oktober, SSA menggelar acara lomba HPS. Monmaap bukan HVS kertas untuk menulis atau menggambar atau print tulisan ya. HPS merupakan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober. Tanggal ketika Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, didirikan pada tahun 1945. Hari Pangan Sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979. Delegasi Hongaria Menteri Pertanian dan Pangan, Dr. Pal Romany berperan penting pada konferensi tersebut dan mengusulkan ide perayaan Hari Pangan Sedunia. Hal ini telah diperhatikan setiap tahun di lebih dari 150 negara, meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan. Sejak tahun 1981, Hari Pangan Sedunia mengadopsi berbagai tema untuk perayaan tiap tahunnya dengan tujuan menekankan pada bagian penting dari dunia pangan yang memerlukan perhatian khusus.

Sobat SSA memang tak ingin tertinggal jika ada acara makan-makan. Hihihihi. Ingat ya sobat SSA pengalaman memperingati HPS saat sedang tak pandemi, ketika sekolah masih normal. Tawa canda mengiringi kita ketika makan bersama di kelas, di sekolah bersama teman sekelas dan bapak ibu guru. Tak ada lagi istilah “makan tak makan asal kumpul”. Kapan kita ulangi kebahagiaan itu ya? Mari berdoa bersama untuk pemulihan negara kita tercinta, Indonesia, dari pandemi yang wafatnya masih menjadi misteri.

Lomba HPS kali ini berbeda loh, guys! Apa sih yang membuatnya berbeda? Bapak/ ibu guru SSA sama sekali tak punya kendali di lomba ini. Genk OSIS lah yang empunya lomba HPS 2021. Para anggota OSIS dan jajarannya menyusun dan melaksanakan lomba HPS 2021 dengan epic. Mereka memikirkan ide lomba, PIC lomba, juri lomba, ketentuan lomba, menyebarkan poster lomba, mencari peserta lomba, melakukan rekap peserta lomba, dan sampilah pada evaluasi hasil lomba. Luar biasa istimewaaa! Seperti itulah kecakapan OSIS SSA. Nyesel kan tak join OSIS? Daftarkan diri kalian di perekrutan OSIS mendatang ya!

OSIS mengadakan 4 jenis lomba untuk event HPS tahun ini. Ada lomba menghias makanan, lomba tiktok, lomba poster, dan lomba kuis Kahoot. Lomba menghias makanan, lomba tiktok, dan lomba poster diadakan mulai tanggal 16 Oktober 2021, bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia. Lomba kusi Kahoot diadakan pada hari Rabu, 3 November 2021 dan dijadikan sebagai penutupan HPS.

Penutupan HPS diawali oleh Ibadat singkat yang dipimpin oleh ibu Wiwi bersama seksi rohani OSIS SSA. Lalu dilanjutkan dengan acara doorprize untuk acara HPS 2021. Ruuuaaar biyasaaah OSIS SSA dan pembinanya! Doorprize dipersiapkan untuk kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Masing-masing level dipilih 2 peraih doorprize. Sesi doorprize diseingi dengan lomba kuis Kahoot untuk masing-masing level loh, sobat SSA. Setelah lomba kuis Kahoot rebes, tibalah waktunya untuk pengumuman pemenang lomba menghias makanan, lomba tiktok, lomba poster, dan pastinya lomba kuis Kahoot. Congratulation untuk para pemenang! Tunggulah lomba selanjutnya yang SSA persembahkan untuk kalian para shopee lover, ovo mania, dan gopaylicious.

Sobat SSA, belum selesai sampai dititik itu keseruan dan kegemuruhan acara penutupan HPS 2021. Pembina OSIS mengumumkan result untuk voting Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021/ 2022. Pemilihan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS diadakan pada hari Rabu, 27 Oktober 2021. Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2021/ 2022 diungguli oleh pasangan pertama, yaitu Desmon Taruli Nainggolan dari kelas 8 dan Bernadeta Anya Lintang Sasongko dari kelas 7. Majukanlah OSIS dan sekolah SMP Strada Santa Anna ya, Desmon & Lintang. Kami percaya kepada kalian. Semangat bertugas untuk Ketua, Wakil Ketua, para anggota OSIS Periode 2021/ 2022.

Waaah! Sederetan acara-acara asyik di SSA menambah semangat siswa/ siswinya untuk belajar, baik secara PTM maupun PJJ. Guru-guru pun semakin bergairah untuk mengajar murid-murid yang semakin unggul dalam iman, unggul dalam prestasi, dan unggul dalam pelayanan.
Salam sehat.
Salam AMDG
SSA ayeee!

Sebarkan artikel ini